
Kisi-Kisi Soal Kelas 2 Tema 3 Subtema 1: Tugasku Sehari-hari di Rumah
Pendahuluan
Tema 3 kelas 2 SD/MI berjudul "Tugasku Sehari-hari". Subtema 1 secara khusus membahas "Tugasku Sehari-hari di Rumah". Subtema ini mengenalkan siswa pada konsep tugas dan tanggung jawab di lingkungan rumah, nilai mata uang, serta kegiatan yang melibatkan kerja sama dan gotong royong. Kisi-kisi soal ini dirancang untuk membantu guru dan orang tua dalam memahami cakupan materi yang perlu dikuasai siswa, serta memberikan gambaran mengenai jenis-jenis soal yang mungkin muncul dalam evaluasi pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran Subtema 1
Setelah mempelajari subtema 1, siswa diharapkan mampu:
- Memahami dan menyebutkan berbagai tugas yang biasa dilakukan di rumah.
- Mengidentifikasi peran masing-masing anggota keluarga dalam melaksanakan tugas.
- Menjelaskan pentingnya kerja sama dan gotong royong dalam menyelesaikan tugas di rumah.
- Mengenal dan membandingkan nilai berbagai pecahan uang logam dan uang kertas.
- Melakukan operasi hitung sederhana yang melibatkan nilai uang.
- Mengidentifikasi bunyi yang dihasilkan oleh benda-benda di sekitar rumah.
- Membedakan panjang dan pendek bunyi.
- Menyanyikan lagu anak-anak dengan memperhatikan panjang dan pendek bunyi.
- Mengenal arah mata angin.
- Menggunakan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan rumah dan kegiatan sehari-hari.
Struktur Kisi-Kisi Soal
Kisi-kisi soal ini akan dibagi menjadi beberapa bagian, meliputi:
- Muatan Pelajaran: Mengidentifikasi mata pelajaran yang diujikan (Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, dan PPKn).
- Kompetensi Dasar (KD): Mencantumkan KD yang menjadi acuan dalam penyusunan soal.
- Indikator Soal: Merumuskan indikator yang lebih spesifik dari KD, yang menjadi dasar pembuatan soal.
- Bentuk Soal: Menyebutkan jenis soal yang digunakan (pilihan ganda, isian singkat, uraian).
- Jumlah Soal: Menentukan jumlah soal untuk setiap muatan pelajaran.
- Tingkat Kesulitan: Mengklasifikasikan soal berdasarkan tingkat kesulitannya (mudah, sedang, sulit).
- Materi Pokok: Merinci materi yang diujikan dalam setiap soal.
- Contoh Soal: Memberikan contoh soal untuk setiap indikator.
Rincian Kisi-Kisi Soal per Muatan Pelajaran
A. Bahasa Indonesia
- Kompetensi Dasar:
- 3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
- 4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
- Indikator Soal:
- Disajikan gambar kegiatan di rumah, siswa dapat menyebutkan nama kegiatan tersebut dengan tepat.
- Disajikan teks pendek tentang kegiatan di rumah, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan tugas sehari-hari.
- Disajikan beberapa kalimat acak, siswa dapat menyusunnya menjadi paragraf yang padu tentang kegiatan di rumah.
- Siswa dapat menuliskan deskripsi singkat tentang tugas yang biasa dilakukannya di rumah.
- Bentuk Soal: Pilihan ganda, isian singkat, uraian.
- Jumlah Soal: 5
- Tingkat Kesulitan: Mudah, sedang.
- Materi Pokok: Kosakata tentang kegiatan di rumah, menyusun kalimat menjadi paragraf.
- Contoh Soal:
- (Pilihan Ganda) Gambar seorang anak sedang menyapu lantai. Kegiatan pada gambar adalah…
a. Memasak b. Mencuci c. Menyapu d. Mengepel - (Isian Singkat) Ibu memasak di __.
- (Uraian) Tuliskan 3 kalimat tentang kegiatanmu membantu orang tua di rumah!
- (Pilihan Ganda) Gambar seorang anak sedang menyapu lantai. Kegiatan pada gambar adalah…
B. Matematika
- Kompetensi Dasar:
- 3.5 Mengenal nilai tukar antar mata uang.
- 4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan nilai mata uang.
- Indikator Soal:
- Siswa dapat menyebutkan nilai berbagai pecahan uang logam dan uang kertas.
- Siswa dapat membandingkan nilai dua pecahan uang yang berbeda.
- Siswa dapat mengurutkan beberapa pecahan uang dari yang terkecil hingga terbesar, atau sebaliknya.
- Siswa dapat menentukan nilai sekelompok uang.
- Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang melibatkan operasi penjumlahan atau pengurangan nilai uang.
- Bentuk Soal: Pilihan ganda, isian singkat, uraian.
- Jumlah Soal: 5
- Tingkat Kesulitan: Mudah, sedang.
- Materi Pokok: Nilai mata uang, membandingkan nilai uang, operasi hitung uang.
- Contoh Soal:
- (Pilihan Ganda) Nilai uang kertas pada gambar adalah…
a. Rp1.000 b. Rp2.000 c. Rp5.000 d. Rp10.000 - (Isian Singkat) Uang Rp5.000 lebih __ dari uang Rp2.000.
- (Uraian) Ibu membeli telur seharga Rp10.000 dan minyak goreng seharga Rp12.000. Berapa total uang yang harus dibayar Ibu?
- (Pilihan Ganda) Nilai uang kertas pada gambar adalah…
C. SBdP
- Kompetensi Dasar:
- 3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu.
- 4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu.
- Indikator Soal:
- Siswa dapat mengidentifikasi bunyi yang dihasilkan oleh benda-benda di sekitar rumah.
- Siswa dapat membedakan panjang dan pendek bunyi.
- Siswa dapat memberikan contoh bunyi panjang dan bunyi pendek.
- Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan memperhatikan panjang dan pendek bunyi.
- Bentuk Soal: Pilihan ganda, isian singkat, praktik.
- Jumlah Soal: 3
- Tingkat Kesulitan: Mudah, sedang.
- Materi Pokok: Bunyi panjang dan pendek, pola irama.
- Contoh Soal:
- (Pilihan Ganda) Bunyi "tik-tok" pada jam dinding termasuk bunyi…
a. Panjang b. Pendek c. Kuat d. Lemah - (Isian Singkat) Contoh bunyi panjang adalah suara ____.
- (Praktik) Siswa menyanyikan lagu "Bangun Tidur" dengan memperhatikan panjang dan pendek bunyi.
- (Pilihan Ganda) Bunyi "tik-tok" pada jam dinding termasuk bunyi…
D. PPKn
- Kompetensi Dasar:
- 3.1 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah.
- 4.1 Menceritakan pengalaman bekerjasama dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
- Indikator Soal:
- Siswa dapat menyebutkan peran masing-masing anggota keluarga di rumah.
- Siswa dapat menjelaskan pentingnya kerja sama dalam menyelesaikan tugas di rumah.
- Siswa dapat memberikan contoh kegiatan gotong royong yang biasa dilakukan di rumah.
- Siswa dapat menceritakan pengalaman bekerja sama dengan anggota keluarga dalam menyelesaikan tugas.
- Bentuk Soal: Pilihan ganda, isian singkat, uraian.
- Jumlah Soal: 2
- Tingkat Kesulitan: Mudah, sedang.
- Materi Pokok: Peran anggota keluarga, kerja sama, gotong royong.
- Contoh Soal:
- (Pilihan Ganda) Tugas seorang ayah di rumah biasanya adalah…
a. Memasak b. Mencuci baju c. Mencari nafkah d. Menjaga adik - (Uraian) Mengapa kerja sama penting dalam menyelesaikan pekerjaan di rumah? Berikan contohnya!
- (Pilihan Ganda) Tugas seorang ayah di rumah biasanya adalah…
E. Keterampilan Bertanya
Selain soal-soal di atas, guru juga dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan terbuka untuk menguji pemahaman siswa secara lebih mendalam. Contoh pertanyaan:
- Apa saja tugas yang biasa kamu lakukan di rumah?
- Mengapa kita harus membantu orang tua di rumah?
- Bagaimana cara membagi tugas di rumah agar semua anggota keluarga merasa adil?
- Apa yang akan kamu lakukan jika adikmu tidak mau membantu membersihkan rumah?
Penutup
Kisi-kisi soal ini diharapkan dapat menjadi panduan yang komprehensif bagi guru dan orang tua dalam mempersiapkan siswa menghadapi evaluasi pembelajaran tema 3 subtema 1. Dengan memahami cakupan materi dan jenis-jenis soal yang mungkin muncul, siswa akan lebih siap dan percaya diri dalam mengerjakan soal. Penting untuk diingat bahwa evaluasi bukan hanya sekadar mengukur kemampuan siswa, tetapi juga sebagai umpan balik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.